facebook

4 Hal Ini Perlu Diperhatikan sebelum Mengganti Barang Lama dengan yang Baru

Prasetya Buana
4 Hal Ini Perlu Diperhatikan sebelum Mengganti Barang Lama dengan yang Baru
Ilustrasi wanita membeli barang baru. (pexels.com/Liza Summer)

Setiap barang yang kita miliki pastilah mempunyai batas usia pemakaiannya tersendiri. Semakin tua sebuah barang, semakin menurun juga nilai guna dan tampilan barang tersebut. Alhasil, mau tidak mau kita mesti menggantinya dengan yang baru.

Namun terkadang, masih ada saja orang yang bersikeras membeli barang baru, meskipun barang yang lama masih bisa digunakan dan berfungsi normal. Nah, itu tandanya orang tersebut tidak mampu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Setidaknya ada beberapa hal yang wajib dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggantikan posisi barang lama dengan yang baru. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Bagaimana kondisi barang lama milikmu?

Kondisi barang lama tentunya tak lagi terlihat sama seperti saat pertama kali membelinya. Baik dari segi penampilan maupun fungsi.

Namun, selama barang tersebut masih berfungsi secara optimal, meskipun fisiknya sudah tampak usang, rencana untuk membeli barang baru sebagai pengganti barang lama ini perlu dipikirkan ulang. Toh, yang terpenting dari sebuah barang itu kegunaannya, bukan? 

2. Apa saja kelebihan barang baru?

Barang lama memang tidak secanggih barang keluaran terbaru. Barang-barang produksi saat ini cenderung dilengkapi dengan banyak fitur tambahan yang menawarkan kemudahan, juga pengalaman ekstra ketika menggunakannya.

Nah, jika sekiranya kehadiran barang baru ini memang sesuatu yang kamu perlukan, dan mampu meningkatkan produktivitas dirimu, maka rencana satu ini boleh untuk segera diwujudkan.

3. Masih berguna tidak barang lama tersebut?

Beberapa jenis barang lama terkadang sudah tidak relevan lagi jika digunakan di zaman sekarang. Ketiadaan suatu fungsi pada barang lama kerap kali membuat kita kerepotan saat menggunakannya.

Alhasil, barang lama jadi jarang digunakan dan teronggok begitu saja. Kalau sudah begitu, itu tandanya kamu membutuhkan barang baru yang fungsinya jauh lebih beragam dan praktis.

4. Barang lama yang masih bisa dipakai mau diapakan?

Membuang barang lama yang masih layak pakai bukanlah tindakan tepat. Kamu mesti menemukan cara lain agar barang lama yang masih dapat dimanfaatkan ini tetap berguna.

Bisa dengan menjualnya di online shop, atau memberikannya pada seseorang yang membutuhkan. Dengan begini, barang lamamu bisa kamu singkirkan tanpa harus menyia-nyiakannya begitu saja.

Nah, itu tadi sedikitnya empat hal yang mesti kamu perhatikan sebelum mengganti barang lama milikmu dengan yang baru. Intinya, kamu harus mampu membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Apabila membeli barang baru termasuk kebutuhan yang mendesak, maka kamu boleh untuk mulai menyiapkan anggarannya dari sekarang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak