facebook

Ini 5 Penyebab Kegagalan dalam Diri, Wajib Dihindari!

Diat Anugrah
Ini 5 Penyebab Kegagalan dalam Diri, Wajib Dihindari!
Ilustrasi menghadapi masalah (pexels.com/nathan-cowley)

Dalam hidup, kita tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Entah itu dalam urusan karir, finansial, jodoh, dan main sebagainya. Tujuan itu hendaknya kita perjuangkan mati-matian agar bisa kita capai.

Namun, bukannya berhasil meraih tujuan tersebut, terkadang kita justru mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut bisa terjadi karena berbagai faktor, entah dari dalam diri kita sendiri maupun faktor dari luar yang tidak bisa kita kendalikan.

Berikut ini adalah 5 faktor dalam diri kita yang dapat membuat kita mengalami kegagalan.

1. Tujuan Tidak Terukur

Kita bebas saja memiliki tujuan atau impian, tidak ada orang yang bisa melarangnya. Kita juga bisa memiliki tujuan setinggi mungkin. Namun hendaknya tujuan yang kita impikan harus terukur. 

Misalnya apabila kita ingin kaya secara materi, maka hendaknya kita memiliki patokan atau ukuran berapa jumlah harta yang ingin kita gapai. Hal ini penting agar kita bisa merencanakan berbagai hal untuk meraih tujuan tersebut.

Apabila tujuan yang kita buat tidak terukur, kita sulit mendefinisikan apakah kita sudah berhasil mencapainya atau belum. Kita juga tidak bisa melihat progres atau perkembangan kita dalam mencapai tujuan tersebut.

2. Tidak Mengenali Diri Sendiri

Selain membuat tujuan dengan jelas dan terukur, hendaknya kita juga mengenali diri kita sendiri. Kita harus bisa mengetahui potensi yang kita miliki yang bisa kita gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, kita juga harus mengenali kelemahan yang kita miliki agar kita bisa memperbaikinya.

3. Tidak Fokus Pada Tujuan

Jika kita sudah memiliki tujuan yang ingin dicapai, maka kita harus fokus pada tujuan tersebut. Hindari hal-hal yang bisa membuat kita terganggu dalam melakukan progres untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya kegiatan-kegiatan tidak penting yang hanya membuang-buang waktu saja. Hal tersebut bisa membuat kita tidak kunjung berhasil mencapai tujuan kita.

4. Tidak Konsisten

Selain harus fokus pada tujuan, kita juga harus konsisten. Misalnya kita menginginkan sebuah tujuan, maka tiap periode tertentu kita harus mencapai sebuah perkembangan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Kita harus terus berjuang menuju tujuan yang kita inginkan. Jangan hanya bersemangat di awal-awal saja karena keberhasilan membutuhkan konsistensi. Jika hanya semangat di awal, kita akan mengalami kegagalan.

5. Mudah Menyerah

Kita mungkin akan menemui hambatan hingga kegagalan. Namun, kita harus bangkit dan jangan menyerah pada kegagalan tersebut. Apabila kita menyerah, maka kita hanya akan berhenti pada kegagalan tersebut.

Demikian 5 hal yang bisa membuat kita mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan. Jika ingin berhasil dalam segala hal, kita harus menghindari 5 hal di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak