facebook

4 Cara Ampuh Agar Anak Menyukai Pelajaran Matematika

Rado
4 Cara Ampuh Agar Anak Menyukai Pelajaran Matematika
lustrasi anak belajar matematika. (Shutterstock)

Pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap paling membosankan. Banyak anak yang merasa kesulitan untuk mengerjakan hingga membuatnya merasa bosan.

Akhirnya banyak anak yang baru mendengar pelajaran matematika saja sudah malas padahal belum mencobanya.

Lantas, bagaimana caranya agar anak suka dan mau belajar matematika? Tenang saja, pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara ampuh agar anak mau belajar matematika.

1. Menanamkan percaya diri kepada anak

Salah satu hal yang membuat anak tidak mau belajar matematika bukan karena mereka tidak bisa, melainkan kurang percaya diri. Ketika mindset mereka menganggap matematika itu sulit, maka mau belajar saja sudah malas. Akhirnya mereka menyerah karena tidak suka dengan pelajarannya.

2. Memberi motivasi dan fakta menarik akan pelajaran matematika

Ketika kamu sudah berusaha untuk memberikan motivasi kepada anak, maka selanjutnya adalah mengenalkan berbagai tokoh yang sukses dengan matematika. Kamu juga bisa mengajak anak untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang menarik soal matematika.

3. Pelajaran matematika itu jangan dibuat tegang, buatlah lebih menyenangkan

Agar anak mau belajar matematika, usahakan membuat pelajaran tersebut lebih menyenangkan. Kamu bisa mengajarkan matematika dengan cara permainan, catatan berwarna, dan kamu juga bisa belajar dengan alam sekitar.

4. Jangan ada paksaan

Saat belajar matematika, usahakan tidak ada paksaan agar anak tidak merasa terbebani. Kalau anak sudah tertekan, akan membuatnya bisa stres dan bahkan membenci pelajaran tersebut. Daripada memaksanya, kamu bisa mengandalkan pendekatan persuasif.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara agar anak mau belajar matematika. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi anak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak