alexametrics

Lava Bantal, Warisan Geologi di Bantaran Sungai Opak

Hayuning Ratri
Lava Bantal, Warisan Geologi di Bantaran Sungai Opak
Lava Bantal. (Instagram.com/@birotapemsetdadiy)

Daerah Istimewa Yogyakarta tak kekurangan tempat wisata yang menarik dan unik. Setiap objek wisata memiliki daya tariknya masing-masing. Tidak heran, banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung ke sini. Selain itu, Yogyakarta juga kerap dijadikan tujuan study tour para pelajar.

Jika kamu sedang berwisata di Yogyakarta, cobalah untuk merapat ke Lava Bantal. Objek wisata yang terletak di sisi timur Yogyakarta ini bukan hanya menawarkan wisata untuk rekreasi, namun juga edukasi. Banyak pelajar, mahasiswa, dan peneliti yang datang ke Lava Bantal untuk melakukan studi dan menggali informasi tentang tempat ini.  

Keunikan Objek Wisata

Lava Bantal diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 30 Mei 2016. Lava Bantal dikenal termasuk Warisan Geologi (Geoheritage), artinya tempat ini merupakan area geologi yang menyimpan nilai-nilai berharga sehingga dapat digunakan untuk keperluan penelitian hingga pendidikan kebumian.

Kawasan wisata di bantaran Sungai Opak ini disebut-sebut memiliki andil besar terhadap proses terbentuknya Pulau Jawa. Lava Bantal diperkirakan telah ada sejak 60 juta tahun silam. Objek geowisata tersebut terbentuk secara alami karena adanya fenomena alam. Keluarnya lahar dari gunung api bawah laut yang kontak langsung dengan air dingin membuat proses pembekuan tak terhindarkan. Kejadian inilah yang menyebabkan terbentuknya batuan lonjong tidak beraturan yang kini dinamakan batuan Lava Bantal.

Istilah Lava Bantal sendiri tidak terlepas dari bentuk batuan dari lava yang mirip seperti bantal. Batuan yang berbentuk bantal di kanan kiri aliran sungai menambah eksotisme tersendiri dari tempat ini. Kamu bisa mengambil foto yang instagramable di sini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Lava Bantal buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Kamu bisa mengunjungi Lava Bantal dengan minim biaya. Pasalnya, Lava Bantal tidak mematok harga tiket masuk. Namun, kamu bisa mengisi dana kebersihan seikhlasnya. Lebih lanjut, apabila kamu datang dengan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk menyediakan biaya parkir.

Fasilitas yang Disediakan

Lava Bantal mempunyai fasilitas yang memadai diantaranya lahan parkir, kamar mandi, mushola, gazebo, dan pendopo. Selain itu, kamu juga bisa mencoba tubing untuk memacu adrenalin.

Akses Menuju Lokasi

Lava Bantal terletak di Jl. Berbah-Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan wisata ini dapat diakses baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi ini dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 30 menit.

Dari perempatan Blok O, arahkan kendaraan ke timur menuju Jalan Maguwo-Blok O, lalu ikuti jalan utama sampai sekitar 1.2 km. Selanjutnya, belok kiri ke Jalan Raya Berbah sejauh 3.9 km. Kemudian, lurus terus menuju Jalan Berbah-Piyungan hingga 210 m. Lanjutkan untuk ambil arah ke timur ke Jalan Berbah-Prambanan sekitar 1.2 km. Objek wisata Lava Bantal berada di sisi selatan jalan.

Nah, itulah ulasan mengenai kawasan wisata Lava Bantal. Kamu bisa berwisata sekaligus belajar di sini. Selamat berkunjung!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak