facebook

6 Makanan Khas India Terpopuler di Berbagai Negara, Kamu Wajib Cobain!

Xandra Junia Indriasti
6 Makanan Khas India Terpopuler di Berbagai Negara, Kamu Wajib Cobain!
Naan, roti pipih makanan khas India (pixabay)

India merupakan salah satu negara di Asia Selatan yang terkenal dengan beragam menu makanan kaya bumbunya. Beberapa di antaranya bahkan populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Nah, berikut ini 6 makanan khas India yang disebut paling populer tersebut. Kamu harus mencoba, setidaknya sekali seumur hidup.

1. Nasi Biryani

Nasi Biryani (pixabay)
Nasi Biryani (pixabay)

Biryani menjadi salah satu makanan khas India yang paling populer. Proses pembuatannya, yakni beras basmati, dimasak bersama rempah-rempah yang diberi tambahan aneka sayur dan daging (kambing, sapi, ayam, udang, serta ikan).

2. Samosa

Samosa (pixabay)
Samosa (pixabay)

Samosa merupakan pastri berbentuk segitiga yang terbuat dari tepung terigu. Biasanya diisi oleh kentang berbumbu dan dicocol pada chutney, saus khas India yang berbahan dasar buah atau sayuran segar.

3. Panipuri

Panipuri (pixabay)
Panipuri (pixabay)

Kalau yang satu ini tergolong jajanan kaki lima khas India. Bentuknya menyerupai cangkang dan terasa sangat renyah begitu kamu menyantap makanan tersebut. Bahan utamanya adalah tepung gandum.

Biasanya, panipuri diisi dengan potongan kentang pedas serta disajikan bersama kuah asam. Masyarakat setempat tidak jarang memakannya sekali suap karena terasa ringan.

4. Ayam Tandoori

Ayam Tandoori (pixabay)
Ayam Tandoori (pixabay)

Menu ini nyatanya memiliki proses memasak yang sama dengan ayam panggang. Namun sebelumnya ayam direndam pada susu asam bertekstur kental yang sudah diberi berbagai macam rempah, termasuk garam masala dan lada India.

Biasanya, ayam tandoori memiliki rasa pedas dan diolah secara tradisional menggunakan oven bawah tanah (dalam bahasa India disebut tandoori). Namun, seiring berkembangnya zaman, makanan ini banyak disajikan tanpa cabai atau lada.

5. Naan

Naan (pixabay)
Naan (pixabay)

Naan adalah makanan sejenis roti berbentuk pipih yang terbuat dari tepung gandum dan sedikit ragi. Kuliner ini dikenal sebagai menu khas India yang disantap dengan kuah kari.

Bagian atas naan seringkali diberi taburan wijen atau jintan hitam. Kemudian, dibumbui dengan berbagai jenis bawang serta rempah lainnya, sehingga kaya akan rasa dan tentu dapat membuatmu ketagihan.

6. Kari

Kari Ayam India (pixabay)
Kari Ayam India (pixabay)

Kari merupakan salah satu makanan yang populer di daerah Asia Selatan, termasuk India. Kuah kuningnya yang kental berasal dari kunyit serta rempah-rempah lain. Namun, saat ini sudah tersedia dalam bentuk bubuk siap pakai.

Selain ayam, masyarakat India biasa memasak kari menggunakan telur, daging sapi, atau kambing. Kemudian, dilengkapi dengan berbagai macam sayuran, seperti wortel dan kentang. Cara menyantapnya sendiri dimakan bersama nasi putih.

Itulah keenam makanan khas India yang populer di beberapa negara termasuk Indonesia. Apakah kamu pernah mencicipi salah satu atau bahkan semuanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak