facebook

Kenali, Apa itu Pengertian Digital Marketing dan Jenisnya?

Arta Kusuma
Kenali, Apa itu Pengertian Digital Marketing dan Jenisnya?
Ilustrasi Internat Marketing atau Digital marketing (pixabay.com/madartzgraphics)

Digital Marketing, memang tidak asing ditelinga kita beberapa tahun belakangan ini. Tentunya ini menjadi pertanyaan bagi sebagian orang tentang apa itu digital marketing dan jenisnya. Seringkali kita melihat iklan-iklan menarik dan unik yang muncul di beranda media sosial, secara sederhana hal tersebut termasuk bagian dari digital marketing. Kemunculan iklan ini seringkali terjadi sesuai dengan ketertarikan kita di beberapa media sosial yang tentunya tidak asing lagi bagi kita seperti Instagram, Facebook, Google, Youtube dan lain sebagainya.

Jadi, apa itu definisi digital marketing yang sebenarnya?

A. Memahami Digital Marketing

Berdasarkan Investopedia yang ditulis oleh Adam Barone, digital marketing sendiri mengacu dalam hal penggunaan channel marketing untuk penjualan barang dan jasanya agar dapat menjangkau konsumen. Beberapa tipe channel digital marketing sendiri adalah website, media sosial, mesin pencarian dan channel lainnya yang sama dengan kata lain sering dikenal sebagai online marketing. Lebih sederhana, digital marketing adalah segala bentuk marketing yang berhubungan dengan perangkat elektronik. Digital marketing menjadi populer seiring kemajuan perkembangan internet sekitar tahun 1990-an.

Adapun beberapa prinsip dalam dunia digital marketing yang mana masih mempunyai kaitan dengan marketing tradisional dan seringkali dipertimbangan sebagai cara baru untuk sebuah perusahaan dalam mendekati konsumen dan memahami perilaku mereka. Meskipun demikian, perusahaan masih melakukan kombinasi antara teknik tradisional dan digital marketing dalam strategi mereka sehingga dapat menjadi kombinasi yang sempurna.

Setelah memahami apa itu digital marketing, selanjutnya kita akan membahas mengenai jenis atau kategori dari digital marketing itu sendiri.

B. Jenis-jenis Digital Marketing

Seperti yang telah sedikit dijelaskan, mengacu pada Neil Patel, terdapat dua pilar utama dalam dunia digital marketing yaitu online dan offline marketing. Pembahasan lebih lanjut mengenai pengertian tentang jenis-jenis online marketing akan dibahas secara terpisah.

Oleh karena itu, di sini hanya akan disebutkan beberapa bidang jenis atau kategori dari online marketing:

-  Affiliate Marketing

- Email marketing

- Pay-per-Click Advertising (PPC)

- Search Engine Marketing (SEM)

- Search Engine Optimization (SEO)

- Sosial Media Marketing

- Video Marketing

- Website Marketing

Nah, itu tadi pemahaman terkait pengertian apa itu digital marketing dan jenisnya. Jika ingin mengetahui penjelasan lanjut tentang jenis digital marketing hingga contohnya dapat dilihat pada pembahasan selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, sobat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak