facebook

Mudah Ditemukan, 5 Makanan Ini Bisa Menjaga Kesehatan Paru-paru

Heni
Mudah Ditemukan, 5 Makanan Ini Bisa Menjaga Kesehatan Paru-paru

Menjaga paru-paru merupakan salah satu investasi untuk kesehatan tubuh di masa mendatang. Kebiasaan merokok, paparan polusi lingkungan, serta konsumsi makanan berbahaya dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh yang penting ini. Terlebih pada kondisi khusus seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan fibrosis paru.

Mengutip healthline berikut ini lima makanan yang bisa membantu menjaga paru-paru bagi kesehatan tubuh.

1. Labu

Warnanya yang cerah, menandakan buah ini mengandung berbagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan paru-paru. Labu kaya akan kandungan karatenoid, termasuk beta karoten, kutein, dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan.

2. Kunyit

Bukan rahasia lagi kalau kunyit sudah sangat sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk asma, fibrosis paru, bahkan untuk membersihkan paru-paru mantan perokok. Hal itu karena rempah ini mengandung  antioksidan dan anti-inflamasi.

3. Tomat

Tomat merupakan makanan kaya akan kandungan likopen. Likopen merupakan zat antioksidan yang dapat menjaga kesehatan sel paru-paru. Konsumsi tomat mengurangi peradangan saluran pernapasan pada penderita asma, dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita penyakit paru obstruktif kronik. Konsumsi tomat secara rutin pada mantan perokok juga akan juga menghambat infeksi paru-paru.

4. Kopi

Rutin konsumsi secangkir kopi di pagi hari ternyata dapat menjaga kesehatan paru-paru. Tentu saja saat membuat kopi jangan sampai menambahkan gula terlalu banyak, karena tidak baik untuk kesehatan. Kopi mengandung kafein dan antioksidan sehingga mampu menjaga kesehatan paru-paru.

Dalam tubuh, kopi bertindak sebagai vasodilator. Artinya, kopi membantu pembuluh darah terbuka dan dapat membantu mengurangi sesak nafas pada penderita asma (efek jangka pendek).

5. Ikan Teri

Ikan teri mengandung lemak omega-3 yang berperan sebagai anti-inflamasi. Selain itu, teri juga mengandung selenium, kalsium, dan zat besi yang dapat meningkatkan kesehatan paru-paru.

Penderita PPOK ( Penyakit Paru Obstruktif Kronis) yang rutin mengonsumsi ikan teri karena dapat mengurangi gejala dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan minuman di atas secara rutin dan bergantian, untuk menjaga kesehatan paru-paru. Kamu juga bisa merekomendasikan makanan di atas untuk keluarga dekat yang mungkin menderita penyakit paru.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak