alexametrics

5 Manfaat Buah Ceri bagi Tubuh, Tak Cuma Jadi Hiasan Cantik Pelengkap Kue

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Buah Ceri bagi Tubuh, Tak Cuma Jadi Hiasan Cantik Pelengkap Kue
Ilustrasi Buah Ceri (pixabay)

Mungkin sebagian dari kamu jarang mengonsumsi buah ceri dalam kehidupan sehari-hari. Buah ini biasa dijadikan hiasan aneka kue, khususnya ulang tahun. Bentuknya hampir bulat dengan tangkai dan warna merah tua yang elegan. Rasanya sendiri cenderung manis dan unik. Khas banget, deh!

Tak hanya mempercantik tampilan kue, nyatanya buah ceri punya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Nah, di bawah ini 5 manfaat buah ceri yang dirangkum dari hellosehat dan alodokter.

1. Memelihara Kesehatan Mental

Mental merupakan satu hal yang perlu kamu jaga kesehatannya. Jika tidak, bisa menimbulkan stres berkepanjangan bahkan depresi. Kondisi ini tentunya dapat merugikan dirimu sendiri. Oleh karena itu, cobalah mengonsumsi buah ceri sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya.

Ceri mengandung antosianin berjenis polifenol yang akan memelihara sel otak dari kerusakan, serta meningkatkan fungsinya dalam mengingat sesuatu. Selain itu, senyawa ini juga mampu mengurangi insomnia atau susah tidur.

Perlu diketahui, insomnia merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan mental. Kebanyakan orang yang mengalami ini akan memiliki suasana hati buruk, sakit kepala, dan mudah stres. Untuk itu, perbanyak asupan ceri guna memperbaiki kualitas tidur dan kesehatan mentalmu tetap terjaga.

2. Mencegah Asam Urat

Asam urat atau radang sendi merupakan gangguan yang seringkali menyerang kaki orang dewasa, cenderung lansia. Kondisi ini tentu dapat menghambat berbagai aktivitas karena bisa terasa sangat sakit.

Untuk mengatasinya, seseorang dengan masalah ini perlu menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya, memperhatikan asupan yang aman bagi penderita asam urat. Misal, buah ceri yang mampu mengembalikan konsentrasi asam urat plasma menjadi normal berkat berbagai kandungan di dalamnya.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal adalah impian dari banyak orang dan mungkin kamu salah satunya. Untuk mendapatkan kondisi seperti ini, perlu adanya penerapan pola hidup sehat. Mulai dari rutin berolahraga, minum air putih, dan menjaga makanan.

Nah, ceri bisa kamu jadikan alternatif untuk asupan harian saat diet. Pasalnya, buah ini mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan, sehingga lemak dan kotoran tidak akan menumpuk di perut. Berat badan ideal pun tetap terjaga, bukan?

4. Meningkatkan Sistem Imun

Buah ceri mengandung flavonid yang berperan sebagai antivirus dan antioksidan, sehingga mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Senyawa ini bekerja dengan meningkatkan sistem imun dan membuat tubuh menjadi lebih kuat.

Belum lagi ada antosianin yang menghasilkan warna merah pada ceri. Kandungan ini juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari beberapa penyakit, seperti alzheimer (pikun) dan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah arteri).

5. Mengurangi Risiko Penyakit Berbahaya

Ceri kaya akan vitamin C dan kalium yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit berbahaya. Dua diantaranya adalah stroke dan hipertensi. Kandungan tersebut bekerja membantu menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Selain itu, mampu memelihara fungsi sistem pencernaan dan jantung.

Serat yang terdapat di dalam buah ini juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan kemampuannya untuk merawat bakteri baik usus, mengontrol gula darah, serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

Itulah kelima manfaat ceri. Apakah kamu sering mengonsumsinya atau hanya saat dijadikan hiasan kue?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak