alexametrics

Mengenal 5 Jenis Beri dan Manfaatnya bagi Tubuh

Xandra Junia Indriasti
Mengenal 5 Jenis Beri dan Manfaatnya bagi Tubuh
Ilustrasi Aneka buah beri. (pixabay)

Buah merupakan asupan selain sayur yang dianggap baik dan aman bagi tubuh. Ia memiliki nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan harian. Jenisnya juga bermacam-macam, termasuk beri.

Namun, beri dibagi lagi menjadi beberapa jenis dan berikut ini lima di antaranya yang paling populer. Tidak lupa ada informasi mengenai manfaatnya yang berguna untuk kesehatan.

1. Stroberi

Stroberi merupakan jenis beri yang paling sering dikonsumsi karena mudah ditemukan. Bentuknya khas dengan warna merah dan bintik-bintik kecil di luarnya. Kebanyakan buah ini memiliki rasa asam, namun ada juga yang manis.

Stroberi mengandung serat prebiotik yang mampu membantu perkembangan bakteri baik pada usus, sehingga akan menyehatkan saluran pencernaan. Ditambah adanya antosianin, satu jenis antioksidan yang dapat menurunkan risiko kanker usus besar.

Bagi kamu yang tengah diet, stroberi juga bisa dijadikan menu pilihan karena kaya akan nutrisi yang baik untuk menurunkan berat badan. Ia akan bekerja memberi rasa kenyang lebih cepat. Jadi, kamu rentan untuk tidak makan banyak.

2. Blueberi

Kalau yang satu ini punya bentuk bulat seperti anggur. Namun, buah ini berwarna biru, sesuai dengan namanya, blueberi. Keberadaan jenis ini cukup sulit ditemukan, karena memang banyak tumbuh di daerah Amerika. Rasanya cenderung asam dan sedikit manis, mirip apel dan pir.

Menurut beberapa penelitian, dengan rutin mengonsumsi blueberi, kesehatan otak akan tetap terjaga. Berbagai kandungannya dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, sehingga mampu mengurangi risiko gangguan, seperti demensia (pikun) dan parkinson (sel saraf mati).

Selain itu, bluberi dapat mencegah penuaan dini berkat kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini akan memicu produksi kolagen pada kulit, yang mana mampu mengurangi berbagai masalah, seperti keriput, memperbaiki tekstur kulit, dan kerusakan lainnya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

3. Raspberry

Raspberry bukan berasal dari Indonesia, sehingga kamu akan sulit menemukannya. Buah ini juga banyak tumbuh saat musim panas saja, yang membuatnya tidak berumur panjang. 

Dengan nama lokal frambos, jenis beri ini memiliki bentuk hampir mirip stroberi. Warnanya juga cenderung merah, namun ada yang hitam, ungu, dan kuning. Untuk rasa, raspberry kebanyakan asam dan sedikit manis.

Raspberry mengandung protein, kalsium, dan antioksidan resveratol. Ketiganya baik dalam memelihara kekuatan tulang, sehingga kamu akan terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. Tak hanya itu, ada kandungan antiradang yang mampu mencegah bahkan meringankan radang sendi.

Buah raspberry ini juga punya kadar indeks glikemik yang rendah. Jadi, begitu dikonsumsi, tidak akan menaikkan gula darah secara signifikan. Maka, risiko terjadinya penyakit diabetes dapat berkurang.

4. Blackberry

Bukan merek ponsel, blackberry merupakan salah satu jenis beri yang berbentuk mirip raspberry dengan warna hitam. Bentuknya sedikit lebih besar dan memiliki rasa cenderung pahit. Namun, buah ini kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuhmu.

Blackberry tinggi akan serat, sehingga mampu menyehatkan sistem pencernaan. Kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan, seperti perut kembung hingga sembelit (susah buang air besar). Kandungan ini juga akan menurunkan berat badan karena memberi efek kenyang lebih cepat dan lama.

Belum lagi, ada senyawa antosianin yang mampu mengurangi kolesterol jahat hingga 50 persen. Dengan begitu, kamu akan dijauhi dari penyakit jantung dan aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat plak pada dinding arteri).

5. Blackcurrant

Kamu pasti sering mendengar nama blackcurrant dari kue atau minuman. Nyatanya, jenis beri satu ini sering diolah menjadi menu-menu tersebut. Ia berasal dari Eropa dan banyak tumbuh di tanah yang lembap. Bentuknya juga mirip anggur, dengan warna hitam dan memiliki kadar air cukup tinggi. Untuk rasanya, cenderung asam, namun ada pula yang manis.

Blackcurrant merupakan satu alternatif asupan yang bisa dikonsumsi pada masa pandemi ini. Pasalnya, terdapat kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan, sehingga mampu meningkatkan sistem imun. Dengan begitu, tubuh akan lebih sehat dan kuat, serta terhindar dari paparan virus.

Lalu, dua kandungan ini bersama vitamin A akan menjaga kesehatan dan fungsi mata. Oleh karenanya, saat rutin mengonsumsi blackcurrant, dapat mengurangi risiko penyakit katarak. 

Itulah kelima jenis beri yang buahnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nomor berapa yang paling kamu sukai?

Sumber:

hellosehat, alodokter, sehatq

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak