alexametrics

5 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Xandra Junia Indriasti
5 Manfaat Teh Rosella untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Ilustrasi Teh Rosella (freepik)

Rosella merupakan bunga yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Bentuknya menguncup dan berwarna merah. Tanaman ini sering diolah menjadi minuman, salah satunya teh.

Keberadaan teh rosella tergolong jarang diketahui, tapi nyatanya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini, hellosehat, alodokter, dan orami telah merangkum 5 manfaat teh rosella yang jarang diketahui.

1. Cocok untuk Diet

Bagi kamu yang tengah diet, teh rosella bisa dijadikan alternatif. Senyawa flavonoid dan polifenol yang terkandung di dalamnya ternyata dapat membantu menurunkan berat badan berlebih. Kandungan ini bekerja dengan memperlambat serta mengurangi penumpukan jaringan lemak dalam tubuh. Dengan begitu, bisa digunakan untuk mencegah obesitas.

Namun, kamu tak bisa hanya mengandalkan teh rosella untuk mendapatkan manfaat tersebut. Terapkan pola makan dan hidup sehat lainnya, seperti rutin berolahraga setiap hari.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat teh rosella untuk kesehatan lainnya, yakni menurunkan tekanan darah. Teh rosella tergolong salah satu jenis minuman herbal yang disebut dapat menurunkan tekanan darah. Dengan kata lain, cocok bagi kamu yang tengah mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi).

Namun, perlu diperhatikan bahwa teh herbal bisa memiliki reaksi negatif terhadap obat-obatan. Oleh karenanya, minuman ini tidak disarankan bagi pengonsumsi obat tekanan darah tinggi yang mengandung diuretik (hydrochlorothiazide).

3. Melawan Bakteri dan Radikal Bebas

Tidak hanya 3 manfaat di atas, teh rosella juga bermanfaat untuk melawan bakteri dan radikal bebas. Menurut beberapa studi, ekstrak rosella mampu memperlambat beragam aktivitas E. Coli. Bakteri ini merupakan penyebab berbagai penyakit, seperti diare, kram, atau kembung. 

Selain itu, penelitian lain membuktikan bahwa ekstrak rosella dapat melawan delapan jenis bakteri lainnya. Tanaman ini disinyalir memiliki efek yang sama dengan obat yang digunakan untuk infeksi bakteri.

Teh rosella ini juga tinggi akan antioksidan, sebuah senyawa yang mampu melawan radikal bebas. Biasanya menyerang sel-sel tubuh hingga menimbulkan kerusakan. Nah, dengan ekstrak tersebut, kamu bisa mencegahnya serta kesehatan tetap terjaga.

4. Menyehatkan Jantung

Selanjutnya, teh rosella dipercaya dapat memperlambat penyerapan asam lemak jenuh dan mengurangi kadar kolesterol jahat pada tubuh. Selain itu, mampu memelihara kadar gula agar tetap stabil serta meningkatkan kolesterol baik.

Dengan kemampuan seperti itu dan dilengkapi manfaatnya dalam menurunkan tekanan darah, teh rosella berarti bisa menyehatkan jantung. Mengonsumsi minuman ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

5. Memperlancar Haid

Manfaat lainnya dari teh rosella untuk kesehatan ternyata dapat memperlancar haid atau menstruasi juga. Pasalnya, teh rosella dapat mempengaruhi estrogen sehingga siklus menstruasi menjadi teratur atau tidak lagi terlambat.

Tak hanya itu, mengonsumsi teh rosella juga disebut mampu mengatasi gejala haid yang menyiksa. Satu contoh, kram perut, yang seringkali terjadi di awal waktu datang bulan tersebut.

Nah, itulah kelima manfaat yang bisa didapatkan dari teh rosella yang jarang diketahui. Apakah kamu berminat untuk mengonsumsinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak