facebook

5 Sayuran Hijau Ini Paling Dianjurkan untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Ada Brokoli hingga Kale

Xandra Junia Indriasti
5 Sayuran Hijau Ini Paling Dianjurkan untuk Dikonsumsi Setiap Hari, Ada Brokoli hingga Kale
Pakcoy biasa dijadikan bahan menu rebusan. (pixabay)

Sayuran sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satunya yang dikelompokkan berdasarkan warna hijau. Jumlahnya sangat banyak, tetapi ada 5 di antaranya yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Kira-kira apa saja, ya? Berikut ini, hellosehat dan sehatq telah merangkumnya untukmu.

1. Brokoli

Brokoli (pixabay)
Brokoli (pixabay)

Brokoli menjadi salah satu sayuran hijau terpopuler di banyak negara, termasuk Indonesia. Di dalamnya terdapat senyawa sulforaphane yang terbukti mampu melindungi tubuh dari sel kanker mematikan.

Selain itu, rutin mengonsumsi brokoli juga berpotensi mengurangi risiko berbagai penyakit kronis lain, seperti gangguan jantung yang seringkali disebabkan oleh tekanan oksidatif. 

Manfaat ini diperoleh dari beragam nutrisi, meliputi vitamin K, C, B9, kalium, serta mangan. Biasanya, brokoli langsung dimakan mentah atau dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus.

2. Bayam

Bayam (pixabay)
Bayam (pixabay)

Makanan favorit karakter animasi Popeye ini merupakan salah satu sumber vitamin A, K, B kompleks, serta mineral berjenis mangan. Semangkuk bayam disebut sudah bisa mencukupi semua kebutuhan harian nutrisi tersebut.

Bayam juga tinggi akan folat yang dibutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah, menunjang pertumbuhan janin, serta mencegah kecacatan lahirnya. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan rutin mengonsumsi sayuran ini.

3. Pakcoy

Pakcoy (pixabay)
Pakcoy (pixabay)

Pakcoy merupakan satu sayuran yang sering dijadikan bahan menu rebusan, seperti capcay. Sayuran ini menjadi sumber terbaik dari kalsium, zinc, fosfor, dan vitamin K. Semua nutrisi tersebut bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan melindunginya dari risiko kerapuhan (osteoporosis).

Tak hanya itu, pakcoy memiliki lebih banyak selenium dibandingkan sayuran hijau lain. Jenis mineral ini bekerja dalam memelihara daya tahan tubuh, membantu kinerja kelenjar tiroid, serta mengurangi risiko berbagai kanker.

4. Selada

Selada (pixabay)
Selada (pixabay)

Selada menjadi sumber berbagai nutrisi baik, seperti zat besi, folat, serat, dan vitamin C. Sayuran yang biasa dijadikan salad atau lalapan ini juga tinggi akan kandungan air, minim kalori, serta rendah lemak. Jadi, cocok dikonsumsi sebagai menu diet.

Selada air dan bokor termasuk jenis yang kaya akan kandungan air, namun tidak banyak memiliki serat. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan selada romaine yang lebih padat untuk memenuhi kebutuhan serat-mu.

5. Kale

Kale (pixabay)
Kale (pixabay)

Terdengar asing, namun kale dianggap sebagai sayuran hijau yang paling menyehatkan tubuh, lho. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi yang terdapat di dalamnya.

Mengonsumsi semangkuk kale disebut dapat memenuhi lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin A dan C! Sementara antioksidan yang dimiliki sayuran ini meliputi beta-karoten dan lutein. 

Manfaat yang diperoleh dari antioksidan adalah melindungi sel tubuh dari radikal bebas, mengatasi peradangan, serta mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti gangguan jantung dan diabetes tipe 2.

Itulah lima jenis sayuran hijau yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari agar kesehatan tetap terjaga. Lalu, adakah salah satunya yang paling kamu sukai?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak