facebook

5 Manfaat Pemberian ASI Kepada Bayi Sampai Usia 2 Tahun

ALIMMUL FATTAH
5 Manfaat Pemberian ASI Kepada Bayi Sampai Usia 2 Tahun
Ilustrasi ibu dan bayi (Pixabay/alimul)

ASI atau air susu ibu adalah sumber gizi utama bagi bayi yang belum bisa mengonsumsi makanan padat. Kandungan di dalamnya seperti protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin mampu memberi sumber gizi pada bayi setidaknya sampai bayi sudah bisa makan makanan padat.

Umumnya pemberian ASI pada bayi hanya diberikan sampai usia 6 bulan saja, padahal akan lebih banyak manfaat yang didapatkan dari pemberian ASI lebih dari 6 bulan atau sampai usia 2 tahun.

Melansir dari halodoc dan primayahospital, berikut 5 manfaat pemberian ASI kepada bayi sampai usia 2 tahun:

1.  Memberikan nutrisi kepada bayi

Jika anda mengira setelah satu tahun ASI tidak memiliki lagi nutrisi, anda salah besar. Faktanya ASI selalu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi, mulai dari protein, kalsium, dan vitamin.

ASI juga mengandung zat antibody yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat dan bisa membantunya melawan segala bakteri dan virus. Bayi yang diberi ASI akan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes saat dewasa nanti. 

2.  Penting untuk tulang 

ASI sangat penting untuk diberikan kepada bayi selama tiga bulan hingga lebih, karena ASI mengandung kalsium yang dapat memperkuat leher dan tulang belakang bayi. Oleh sebab itu pemberian ASI kepada bayi sangatlah penting dalam menunjang pertumbuhan tulang bayi yang kuat.

3.  Meningkatkan perkembangan otak

Jika ingin bayi tumbuh menjadi anak yang cerdas, ASI adalah kuncinya. Pendapat para ahli menyatakan bahwa kandungan asam lemak pada air susu ibu dapat mencerdaskan bayi. Ikatan emosional anatara ibu dan bayi selama proses menyusui juga berpengaruh baik terhadap kecerdasan bayi.

4.  Ibu jadi lebih sehat

Ibu yang memberikan ASI eksklusif atau sampai dengan dua tahun usia bayi terbukti mampu menurunkan risiko kanker payudara. Risiko penyakit lainnya juga akan lebih kecil, seperti kanker ovarium dan endometrial.

5.  Berat badan bayi tetap seimbang

ASI tidak akan membuat bayi terlalu gemuk, melainkan dapat menjaga berat badannya tetap seimbang. Kandungan insulin yang terdapat dalam ASI lebih sedikit ketimbang susu formula. Insulin sendiri adalah kandungan yang dapat memicu terbentuknya lemak.

Jadi, memberikan ASI tidak akan membuat bayi gemuk, melainkan bayi akan memiliki lebih banyak leptin, yaitu hormone yang berfungi mengatur nafsu makan dan metabolisme lemak.

Itulah 5 manfaat dari pemberian ASI kepada bayi sampai usia 2 tahun.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak