facebook

4 Makanan dan Minuman yang Bisa Membantumu Mengurangi Kecemasan

Intan NI
4 Makanan dan Minuman yang Bisa Membantumu Mengurangi Kecemasan
Ilustrasi minuman dan makanan. (pexels.com/tima-miroshnichenko)

Kecemasan adalah salah satu kondisi kesehatan mental yang paling umum terjadi dan dirasakan oleh semua orang. Dilansir dari Healthline pada Jumat (13/05/22), kecemasan dapat mempengaruhi sekitar 7,6 persen dari populasi global. Istilah ini juga umum digunakan untuk menggambarkan berbagai gangguan seperti generalized anxiety disorder (GAD), kecemasan sosial, dan fobia.

Biasanya, gejala kecemasan ditandai dengan perasaan tegang, khawatir, dan gugup yang muncul secara terus menerus dan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Dalam banyak kasus, penggunaan obat sering diperlukan sebagai pengobatan utama. Padahal, ada beberapa strategi lain yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengurangi gejalanya, mulai dari olahraga hingga teknik pernapasan.

Selain kedua hal itu, ternyata ada empat jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala kecemasan karena memiliki sifat untuk meningkatkan fungsi otak. Simak daftar uraian berikut ini yang dirangkum dari Healthline.

1. Dark Chocolate

Rupanya, cemilan ringan seperti coklat hitam memiliki fungsi yang baik untuk membantu mengurangi kecemasan yang sedang dirasakan seseorang. Alasannya adalah karena coklat jenis ini mengandung flavonol seperti epicatechin dan catechin yang merupakan senyawa tumbuhan yang berfungsi sebagai antioksidan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa flavonol dalam coklat hitam dapat bermanfaat bagi fungsi otak dan memiliki efek neuroprotektif. Kandungan ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Efek ini membantu kamu menghadapi situasi stress yang dapat menyebabkan kecemasan dan gangguan mood lainnya.

2. Green Tea

Teh hijau diketahui mengandung L-theanine yang merupakan asam amino dengan fungsi yang baik untuk kesehatan otak dan mengurangi kecemasan. Kandungan ini juga dapat meningkatkan dopamine dan serotonin yang telah terbukti memiliki efek anti-kecemasan.

3. Kunyit

Selain teh hijau, salah satu jenis rempah-rempah yang mengandung kurkumin ini juga bagus dalam membantu mencegah kerusakan sel otak dan mencegah gangguan kecemasan. Kunyit juga dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang tinggi.

4. Yogurt

Yogurt menjadi makanan ringan yang baik untuk masuk ke dalam menu diet kamu. Kandungan probiotik yang ditemukan dalam beberapa jenis yogurt dapat meningkatkan sejumlah aspek kesejahteraan termasuk kesehatan mental. Studi menunjukkan bahwa bakteri usus yang sehat dapat dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Itulah 4 makanan dan minuman yang bisa membantumu mengurangi kecemasan. Salah satu jenis makanan probiotik ini juga dapat meningkatkan fungsi otak dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi neurotransmitter yang meningkatkan suasana hati seperti serotonin. Meskipun begitu, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengeksplorasi hubungan langsung antara konsumsi yogurt dan pengurangan kecemasan. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah tidak semua yogurt mengandung probiotik ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak