facebook

5 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Kesehatan Mata!

Anang wan
5 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Kesehatan Mata!
Ilustrasi ikan mas (Pxhere.com)

Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Ikan ini memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan ikan nila. Namun, apakah khasiat keduanya sama?

Nah, kali ini kita akan membahas sejumlah manfaat apa saja yang terkandung di dalam ikan mas. Ikan mas sendiri sering dikonsumsi masyarakat kita. Harganya yang cukup terjangkau dan mudah untuk ditemukan, nutrisi pada ikan ini juga banyak lho!

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terkandung di dalam 100 gram ikan mas, dilansir dari laman Nilaigizi.

  • 86 kkal energi
  • 16 gram protein
  • 20 mg kalsium
  • 150 mg fosfor
  • 280 mg kalium
  • 45 mcg vitamin A

Selain itu, ikan mas juga mengandung vitamin B1, B3, zat besi dan beta karoten. Ikan mas juga aman dikonsumsi karena rendah merkuri.

Berikut ini adalah sejumlah manfaat dari ikan mas untuk kesehatan, yang dirangkum dari laman Alodokter.

1. Untuk kesehatan tulang dan gigi

Ikan mas mengandung kalsium, yakni mineral penting yang dibutuhkan untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi, serta membangun dan mencegah pengeroposan tulang di kemudian hari.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Mengonsumsi ikan mas diketahui juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Pasalnya, nutrisi pada ikan mas dibutuhkan untuk membentuk antibodi. Antibodi inilah yang berguna melawan kuman penyebab infeksi.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan protein pada ikan mas juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Ini berarti, kalori pada tubuh juga akan berkurang sehingga dapat menurunkan berat badan.

Ingat juga ya! Ini juga harus didukung dengan pola hidup dan olahraga yang sehat.

4. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang sudah disebutkan tadi. Ikan mas mengandung vitamin A, yang pastinya baik untuk kesehatan mata. Vitamin A sendiri juga dapat mencegah berbagai penyakit mata, seperti rabun senja dan degenerasi makula.

5.  Mengendalikan tekanan darah

Ikan mas memiliki kandungan kalium, yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. Kalium bekerja dengan menenangkan dinding pembuluh darah.

Kalium juga dapat mengurangi kadar sodium berlebih dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine.

Nah, sudah tahu kan apa saja manfaat ikan mas. Tapi, kamu juga harus bisa mengolah ikan mas dengan baik agar manfaat yang didapat juga maksimal ya. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak