facebook

Hobi Menulis? Ini 5 Jenis Pekerjaan yang Cocok Untukmu

Prasetya Buana
Hobi Menulis? Ini 5 Jenis Pekerjaan yang Cocok Untukmu
Ilustrasi penulis (pexels.com/Ivan Samkov)

Gubernur Jawa Barat; Ridwan Kamil pernah berkata, “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”. Bagaimana, sependapat? Terdengar mengasyikkan, bukan? Hanya dengan melakukan hobi kamu dapat memperoleh penghasilan.

Siapa nih di sini yang mau bekerja berdasarkan passion? Kira-kira orang yang punya hobi menulis itu bisa bekerja sebagai apa saja, yah? Biar nggak penasaran berikut ini daftar pilihan pekerjaan yang pas untukmu.

1. Content writer

Ilustrasi penulis (pexels.com/Vlada Karpovich)
Ilustrasi content writer (pexels.com/Vlada Karpovich)

Content writer alias penulis konten adalah penulis profesional yang menulis sebuah konten web/artikel untuk dipublikasikan lewat blog atau situs tertentu. Selain punya keahlian menulis, pekerjaan ini juga mewajibkanmu mengenal yang namanya search engine optimization, supaya konten yang kamu tulis bisa muncul di halaman pertama dan posisi teratas dari hasil pencarian mesin pencari. Nggak hanya sebatas menulis di situs web saja, ada juga, kok content writer yang memproduksi konten-konten untuk media online lainnya, seperti media sosial.

Banyak, lho di luaran sana perusahaan yang sangat memerlukan jasa penulis konten untuk membuat konten-konten menarik dan berkualitas yang nantinya akan dimuat di website perusahaan tersebut.

2. Novelis

Ilustrasi penulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi novelis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu lebih suka menulis kisah-kisah yang berbau fiksi? Dan kamu punya daya imanjinasi yang lebar? Kalau begitu adanya, pekerjaan sebagai seorang novelis mungkin sesuai denganmu. Ubahlah semua ide-ide hebatmu ke dalam sebuah novel. Setelah melalui proses self editing, kamu boleh tuh untuk mengirimkan karyamu ke penerbit impian. Kalau ceritamu berhasil terbit dan terjual, tentunya kamu bakal diberikan imbalan berupa royalti.

Enaknya lagi, pekerjaan yang satu ini tidak terikat pada suatu perusahaan tertentu. Alhasil, menjadi novelis itu bisa kamu lakukan sebagai pekerjaan sampingan.

3. Editor

Ilustrasi editor (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi editor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seiring dengan berkembangnya industri penerbitan buku dan media online, lowongan pekerjaan yang menawarkan posisi editor pun semakin bertebaran di mana-mana. Editor adalah profesi yang bertugas untuk meninjau, menyunting, dan memutuskan apakah suatu karya tulis layak diterbitkan atau tidak. Editor berperan penting agar buku atau tulisan yang dipublikasikan terhindar dari kesalahan dalam pengetikan maupun tata bahasa.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang editor yang handal kamu mesti memiliki beberapa skill, seperti teliti dalam memperhatikan detail, mempunyai kemampuan menulis yang mumpuni, memahami aturan ketatabahasaan yang benar, dan masih banyak lagi.

4. Copywriter

Ilustrasi copywriter (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi copywriter (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu mahir dalam urusan mempromosikan atau menawarkan sesuatu lewat tulisan? Jika iya, maka bekerja menjadi copywriter mungkin peluang yang menjanjikan buatmu. Hampir sama dengan content writer, hanya saja copywriter ini lebih mengarah ke tujuan periklanan atau komersial.

Agar tulisan yang dihasilkan mampu meningkatkan ketertarikan pembaca untuk membeli suatu produk atau menggunakan suatu layanan jasa, seorang copywriter wajib mempunyai sejumlah keahlian khusus, diantaranya, kreativitas tinggi dalam menciptakan iklan, membuat konten yang persuasif, cermat dalam melakukan riset, dll.

5. Ghost writer

Ilustrasi ghost writer (pexels.com/Vlada Karpovich)
Ilustrasi ghost writer (pexels.com/Vlada Karpovich)

Namanya saja yang seram, nyatanya pekerjaan ini nggak bakal bikin kamu ketakutan, kok. Ghost writer atau bisa juga dipanggil penulis siluman adalah orang yang menulis untuk keperluan orang lain. Pekerjaan ini mendapat bayarannya dengan cara si penulis harus menulis sebuah naskah/karya tulis atas permintaan orang lain tanpa mencantumkan namanya sendiri di tulisan tersebut. Karya tulis yang dihasilkan akan diakui oleh orang atau perusahaan yang menggunakan jasa ghost writer.

Banyak sekali jenis tulisan yang dapat dikerjakan oleh seorang ghost writer, mulai dari yang terumit seperti buku hingga yang simpel seperti artikel. Pekerjaan menulis yang satu ini terkenal dengan fee yang lumayan besar.

6. Blogger

Ilustrasi blogger (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi blogger (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hanya dengan memiliki blog saja kamu sudah bisa meraup keuntungan dalam bentuk uang. Blog adalah salah satu jenis website yang bisa kamu isi dengan bermacam-macam konten, seperti artikel, tulisan, video, foto maupun postingan yang bermanfaat atau menghibur bagi pembaca. Salah satu cara seorang blogger meraih penghasilan yaitu dengan menampilkan iklan pada blognya.

Keuntungan menjadi seorang blogger ialah kamu dapat menentukan tempat dan jam kerjamu sendiri. Tentunya hal itu cocok banget dengan kamu yang bermimpi punya pekerjaan yang fleksibel.

Sebenarnya jenis pekerjaan yang bergelut di dunia tulis-menulis itu masih banyak lagi, dari daftar di atas cuma contoh kecilnya saja. Kira-kira mana nih pekerjaan menulis yang ingin kamu jajal? Yuk, ubah hobi jadi penghasilan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak