alexametrics

4 Trik Jitu agar Tidak Kewalahan ketika Pekerjaan Berlebih

Reza Hour
4 Trik Jitu agar Tidak Kewalahan ketika Pekerjaan Berlebih
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Yan Krukov)

Setiap beban pekerjaan memang terkadang di luar batas kemampuan diri untuk menyenggupinya. Sehingga, akan mudah kewalahan untuk menyelesaikan.

Ada hal yang terbesit dalam pikiranmu, seperti ingin segera resign dari perusahaan. Tapi, jangan menyerah begitu saja, mungkin kamu salah menerapkan pola kerja. Maka dari itu, simak 4 trik jitu agar tidak kewalahan ketika pekerjaan sedang berlebih.

1. Membuat timeline hal yang perlu diselesaikan

Hal yang menyebabkan stres bukan hanya dari pekerjaan saat ini, tapi dari tugas yang akan datang selanjutnya. Meskipun pekerjaanmu saat ini belum selesai, nanti aka nada lagi tugas tambahan untukmu. Hal ini membuat kondisi hati makin memburuk dan fokus bekerja akan mudah buyar.

Bagaimanapun juga, mencampur semua urusan tanpa tahu urgensi setiap pekerjaan sangat merepotkan. Maka dari itu, harus merapikan pola kerjamu selama ini. Agar terasa ringan beban pekerjaan, buatlah timeline tugas berdasarkan prioritas dan deadline.

2. Mendelegasikan pekerjaan

Memang terkadang sering mengerjakan sesuatu hal yang seharusnya dikerjakan secara bersama justru diselesaikan sendirian. Tidak heran akan kewalahan menyelesaikannya, apalagi ditambah dengan tugas individu.

Maka dari itu, harus bijak dan tegas menyikapinya untuk mendelegasikan pekerjaan tersebut ke orang yang memang bersangkutan. Sehingga, orang lain akan menyadari bahwa kamu juga perlu dihargai.

3. Menetapkan target kerja yang realistis

Menetapkan target kerja memang sangat dibutuhkan untuk memiliki arah tujuan yang jelas untuk bisa menyelesaikannya. Namun, harus juga bisa untuk mempertahankan kenyamanan ketika bekerja.

Maka dari itu, harus bisa bersikap realistis terhadap tugas dalam jangka pendek. Tujuannya agar tidak memaksakan target secara berlebihan untuk menghindari kecemasan dalam bekerja.

4. Memberi batasan dalam setiap pekerjaan

Meskipun sangat menyukai pekerjaan yang sedang dilakoni, bukan berarti harus mengorbankan waktu pribadimu. Sebab, kalau terus dibiarkan malah menimbulkan masalah, seperti stres dan mudah kelelahan.

Sikap profesional sangat dibutuhkan dan tegas dalam membatasi setiap pekerjaan yang diterima. Berani menolak jika sudah melewati batas waktu kerja, dan berani menego waktu deadline supaya tidak terjadi kelelahan.

Berdasarkan ulasan di atas, memaksakan diri untuk menanggung beban pekerjaan yang terkesan di luar batas sewajarnya, justru menimbulkan kerugian bagi diri sendiri. Maka dari itu, harus bisa bisa bersikap profesional dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak