Mengenal 5 Jenis Personal Boundaries, Jangan Sampai Terkecoh!

Dea Nabila Putri
Mengenal 5 Jenis Personal Boundaries, Jangan Sampai Terkecoh!
Ilustrasi Waktu yang Terus Berjalan. (pixabay.com/5553870)

Personal boundaries adalah batasan-batasan yang kita buat untuk diri sendiri dari pengaruh eksternal. Setiap orang pasti memiliki area personal di mana tidak semua orang bisa mengetahuinya. Kita perlu membuat batasan diri sendiri. Jika tidak bisa membuat boundaries terhadap diri sendiri, kita tidak akan tahu apakah orang lain masuk ke kehidupan kita dan melanggar privasi.

Kita ibaratkan diri kita sebagai rumah. Sementara orang lain yang masuk akan membuat kita kebingungan. Orang-orang yang belum bisa mengatur batasan diri akan mudah dipengaruhi dan dimanipulasi. Cara mengatur batasan diri adalah menentukan aspek prioritas hidup. Contohnya seperti pendidikan, keluarga, karier. Namun, intinya semua keputusan dalam hidup harus berbasis pada prioritas yang sudah kamu tentukan. Batasan ini juga ada bermacam-macam, yuk simak apa saja batasan diri yang harus kita miliki!

1. Fisik 

Personal space atau fisik menjadi salah satu batasan yang harus dimiliki setiap orang. Pastinya, hal ini dipengaruhi oleh psikis diri sendiri. Ada orang yang tidak menyukai sentuhan dari orang lain karena dirinya sudah membuat batasan diri untuk tidak bersentuhan dengan orang lain sesuai prinsipnya. Semua orang harus menghargai bentuk boundaries ini.

2. Emosi 

Kita semua bisa dipengaruhi oleh perasaan orang lain, contohnya ketika melihat orang lain sedih kita mungkin bisa merasakan sedih yang sama. Namun, emosi yang dirasakan tidak boleh disampaikan secara berlebihan karena mungkin bisa menyakiti pihak lain. Maka dari itu, belajar bertanggung jawab atas emosi diri sendiri adalah bentuk dari boundaries yang harus dipahami. 

3. Materi

Banyak orang yang tidak bisa memahami batasan diri dalam materi. Kamu mungkin terlalu sering meminjam barang orang lain atau membeli sesuatu yang menurutmu bagus. Hal seperti ini harus mulai dikurangi karena artinya kamu belum membuat batasan materi untuk dirimu sendiri. Tentukan hal-hal yang perlu kamu pinjam atau beli agar biaya yang kamu keluarkan tidak membengkak. 

4. Waktu

Manajemen waktu adalah salah satu hal yang perlu kita siapkan untuk mengatur boundaries. Tentukan prioritas dan pembagian waktumu setiap harinya agar kita bisa menyadari hal mana yang perlu dilakukan dan mana yang tidak pelu. Komitmen untuk selalu membuat batasan setiap kegiatan juga membantumu untuk mencapai tujuan harian.

Banyak orang yang belum menyadari hal ini. Namun, pada akhirnya semua orang akan tahu bagaimana mengatur batasan diri sendiri lewat batasan yang dibuat sesuai dengan porsi masing-masing.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak