facebook

Ulasan 'Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita,' Mengenal Menopause hingga Siklus Menstruasi

Sam Edy Yuswanto
Ulasan 'Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita,' Mengenal Menopause hingga Siklus Menstruasi
Buku 'Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita.' (DocPribadi/SamEdy)

Buku berjudul Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita yang disusun oleh Sunyoto Prayitno ini mengungkap organ-organ reproduksi wanita yang dapat dijadikan sebagai tambahan wawasan yang berharga untuk para wanita Indonesia. 

Sunyoto Prayitno membagi pembahasan menjadi lima bab. Bab pertama, mengenal organ reproduksi wanita yang meilputi hormon dan reproduksi wanita, organ reproduksi kelamin luar wanita, dan organ reproduksi kelamin dalam.

Bab kedua, mengungkap gangguan pada organ reproduksi wanita yang mencakup vaginitis dan vulvitis, endometriosis, menstruasi tidak teratur, keputihan abnormal, mioma uteri (fibromyoma), polip, dan kista. Bab ketiga mengungkap tentang kanker pada organ reproduksi wanita. Bab keempat tentang menopuause, dan bab kelima atau terakhir menguraikan perawatan organ reproduksi. 

Menopause adalah suatu masa peralihan dalam kehidupan wanita yang menunjukkan bahwa ovarium telah berhenti menghasilkan sel telur, aktivitas menstruasi berkurang dan akhirnya berhenti, serta pembentukan hormon wanita (estrogen dan progesteron) yang berkurang. Sebenarnya, menopause terjadi pada akhir siklus menstruasi yang terakhir. Tetapi, kepastiannya baru diperoleh jika seorang wanita sudah tidak mengalami siklusnya selama minimal 12 bulan (Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita, halaman 127). 

Di antara persoalan yang dialami oleh kaum wanita yang sudah menopause ialah terserang kanker rahim. Kanker rahim adalah tumor ganas pada endometrium (lapisan rahim). Biasanya kanker rahim terjadi setelah masa menopause dan sering kali menyerang wanita berusia 50-60 tahun. Kanker ini bisa menyebar secara lokal maupun ke bagian tubuh, misalnya kanalis serviks, tuba fallopi, ovarium, daerah di sekitar rahim, sistem getah bening, ataupun bagian tubuh lainnya melalui pembuluh darah (Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita, halaman 85).

Sunyoto Prayitno memaparkan, menopause rata-rata terjadi pada usia 50 tahun, namun bisa terjadi secara normal pada wanita yang berusia 40 tahun. Biasanya ketika mendekati masa menopause, lama dan banyaknya darah yang keluar pada siklus menstruasi cenderung bervariasi dan tidak seperti biasanya. 

Terbitnya buku berjudul Buku Lengkap Kesehatan Organ Reproduksi Wanita karya Sunyoto Prayitno ini semoga bermanfaat buat para pembaca, khususnya kaum wanita. Selamat membaca.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak