facebook

3 Perayaan yang Jatuh pada Tanggal 9 Mei, Ada Apa Saja?

khf syh
3 Perayaan yang Jatuh pada Tanggal 9 Mei, Ada Apa Saja?
Ilustrasi memperingati perayaan (Freepik.com)

Biasanya jika suatu tanggal ditetapkan sebagai hari untuk memperingati sesuatu, maka hari tersebut bisa berlandaskan ada suatu kejadian yang terjadi berdasarkan sejarah. Ada begitu banyak hari peringatan yang ada di setiap tahunnya. Namun, apakah akan cukup hanya dengan memperingatinya saja?

Hari peringatan atau hari perayaan biasanya diadakan dengan maksud dan tujuan sebagai pengingat sejarah masa lampau. Tetapi perlu diingat, tidak semua peristiwa atau kejadian masa lampau menjadi sejarah, kecuali yang memberi dampak terhadap masa kini atau menjadi titik krusial dalam kehidupan bangsa atau dunia.

Sejarah tidak hanya merekam peristiwa dan manusia-manusia baik, tetapi juga sebaliknya. Baik dan buruk pada waktunya menjadi sejarah yang tidak dapat dihapus oleh ruang dan waktu. Lalu, tanggal 9 Mei diperingati sebagai hari apa saja?

Berdasarkan tulisan yang ditulis oleh Nina Rahmawati dalam judul Hari-hari Penting Internasional, ada 3 perayaan yang ditetapkan pada tanggal 9 Mei. Yuk, lihat!

1. Hari Moscato Nasional di Amerika Serikat

Perlu diketahui, nama moscato adalah salah satu nama jenis anggur putih. Moscato dibuat dari anggur Moscato Blanco, salah satu anggur tertua di benua Italia dan bagian dari keluarga anggur muscat. Moscato terkenal dengan keserbagunaan rasanya.

Berdasarkan laman resmi Coppo, moscato menjadi sangat populer di Amerika Serikat pada tahun 2012. Hari perayaan moscato nasional dicetuskan oleh Gallo Family Vineyards pada tahun 2012.

Sebagai informasi, Gallo Family Vineyards merupakan salah satu produsen moscato besar yang relatif terjangkau. Gallo Family Vineyards mendirikan bisnis keluarga sebagai produsen moscato sejak tahun 1933.

2. Hari Magnet Alfabet

Dilansir dari laman resmi Alphabetmagnetday, hari magnet alfabet atau alphabet magnet day merupakan hari perayaan surat. Jika dilihat dari sejarahnya, hari magnet alfabet berawal dari banyak surat-surat yang biasanya ditempel di lemari es di rumah.

Lebih lanjut, cara tersebut berubah menjadi menyusun huruf alfabet bermagnet di lemari es. Biasanya aktivitas ini digunakan untuk membuat memo, kutipan inspirasional, pengingat, dan kreasi lainnya. Magnet alfabet dikomersialkan pada sekitar tahun 1970 silam pada saat Fisher Price merilis huruf magnetik plastik keras pertama.

Penggunaan awalnya digunakan sebagai alat media belajar agar lebih menyenangkan perasaan anak-anak dalam belajar. Kemudian mereka merilis magnet alfabet yang mencakup seluruh huruf dalam alfabet. Puluhan tahun kemudian, aktivitas memajang magnet alfabet menjadi tren dekorasi.

3. Hari Pemeriksaan Kesehatan Perempuan di Amerika Serikat

Peringatan hari tentang kesehatan tiap negara berbeda-beda, meskipun hari kesehatan dunia jatuh pada tanggal 7 April. Tak hanya tanggalnya, dalam sejarahnya, kesehatan wanita berbeda dengan pria. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor sosial, biologis, dan perilaku.

Hal ini juga memengaruhi mudah atau sulitnya akses wanita terhadap perawatan kesehatan. Seiring dengan berkembangnya gerakan perempuan internasional di seluruh dunia, semakin banyak wanita menuntut kesetaraan dalam hal akses terhadap perawatan kesehatan.

Pada tahun 2015, organisasi kesehatan dunia atau yang terkenal dengan sebutan World Health Organization (WHO) ini menganalisis ada sepuluh masalah besar kesehatan wanita, yaitu kanker, kesehatan reproduksi, kesehatan ibu, HIV, infeksi menular seksual, kekerasan, kesehatan mental, penyakit tidak menular, peremajaan, dan penuaan. Melihat banyaknya masalah besar kesehatan pada wanita, maka penting adanya hari peringatan kesehatan sebagai pengingat.

Itulah ketiga hari perayaan yang diperingati pada tanggal 9 Mei. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak