alexametrics

7 Manfaat Sambilito, Tumbuhan Pahit yang Menyehatkan

Sumaiyah Putri
7 Manfaat Sambilito, Tumbuhan Pahit yang Menyehatkan
Ilustrasi sambiloto (pixabay) / Hans.

Meski memiliki rasa yang pahit, manfaat sambiloto untuk kesehatan tidak perlu dipertanyakan lagi.  Bahkan, sambiloto termasuk bahan alami yang penggunaannya sebagai obat tradisional sudak eksis sejak lama. Pasalnya, tumbuhan alami ini dianggap mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Meski rasanya pahit, ada banyak manfaat sambiloto yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari alodokter, hellosehat, dan halodoc.

1. Meredakan Demam

Demam merupakan salah satu respons tubuh yang terjadi karena kejengkelan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika tubuh mengalami kontaminasi, misalnya karena mikroba atau infeksi. Daun sambiloto merupakan ciri penurun demam. Ini karena dampak mitigasi, antibakteri dan antivirus yang ada ditanaman.

2. Meredakan Peradangan

Peradangan adalah metode normal tubuh untuk melindungi dan memulihkan diri dari kontaminasi, penyakit, dan cedera. Namun, peradangan bisa merusak kesehatan jika itu terjadi dalam jangka panjang. Saat menghadapi peradangan, seseorang akan merasakan manifestasi dari perasaan tidak enak, demam, kesakitan, atau pembesaran di bagian tubuh tertentu yang terbakar.

Untuk mengurangi iritasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk mengonsumsi obat tradisional yang ditanam di rumah seperti sambiloto. Tanaman ini telah digunakan cukup lama untuk mengobati gejala peradangan berkat kandungan zat antiradangnya.

3. Menyembuhkan Infeksi

Tidak hanya meredakan demam dan peradangan, nyatanya sambiloto memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit. Tentu saja ketiga sifat tersebut membuatnya siap menyembuhkan infeksi yang tak tertahankan. Salah satu penyakit yang tak tertahankan yang bisa dihilangkan dengan bantuan ketidaknyamanan adalah sinusitis.

Sambiloto dapat membantu menghentikan mikroorganisme penyebab sinusitis agar tidak menempel pada lapisan sinus kamu. Dengan demikian, kamu lebih cepat sembuh dari sinusitis.

4. Mencegah Diabetes

Salah satu penyebab diabetes adalah faktor keturunan. Hal ini menyebabkan diabetes selalu berhubungan dengan penyakit keturunan. Jika kamu memiliki latar belakang keluarga diabetes, tidak ada salahnya untuk melanjutkan gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit ini. Selain itu,  kamu juga bisa mencoba tumbuhan alami, seperti daun sambiloto untuk mencegah diabetes.

Itulah 4 manfaat daun sambiloto bagi kesehatan tumbuh meskipun memiliki rasa pahit. Umumnya, tanaman herbal ini dapat ditemukan dalam bentuk ekstrak. Selain itu, ketahuilah dosis yang tepat dari penggunaan ekstrak daun sambiloto agar tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan, seperti mual, migrain, reaksi alergi, hingga diare.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak