alexametrics

4 Cara Memperluas Pengetahuan Sejarah, Salah Satunya Melalui Medsos

Xandra Junia Indriasti
4 Cara Memperluas Pengetahuan Sejarah, Salah Satunya Melalui Medsos
Ilustrasi Pelajaran Sejarah. (pixabay)

Sejarah merupakan salah satu hal yang wajib dipelajari. Gunanya, agar kamu tahu berbagai momen penting termasuk perjuangan pahlawan di masa lalu dalam mempertaruhkan nyawa demi negara. Bayangkan jika tidak ada mereka, apakah kamu bisa hidup tanpa perang seperti sekarang?

Nah, selain mendapat pelajaran dari sekolah, kamu juga bisa memperluas ilmu sejarah dengan 4 cara di bawah ini. Beberapa di antaranya dapat dilakukan di rumah, bahkan dengan rebahan.

1. Manfaatkan media sosial

Media sosial dibuat untuk membangun jaringan dan relasi baru, serta menjembatani tiap orang dalam berkomunikasi. Jenis kontennya sendiri bermacam-macam. Ada yang berupa foto, teks, audio, dan video. Beberapa situs populer saat ini adalah Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, dan Facebook.

Kamu bisa membagikan apapun disana. Di media sosial, kamu juga akan dengan mudah menemukan berbagai informasi termasuk seputar peninggalan masa lalu. Jadi, selain mencari teman atau bahkan pasangan, gunakan teknologi ini untuk belajar sejarah. Terlebih, banyak yang menyajikannya dalam format seru, sehingga tidak akan membuatmu merasa bosan.

2. Rutin membaca artikel

Artikel di masa sekarang menjadi lebih mudah ditemukan dengan internet. Artinya, populasi media cetak, seperti koran, sudah mulai ditinggalkan. Maka dari itu, mereka membentuk situs berita yang bisa diakses menggunakan ponsel agar diminati banyak orang.

Artikel yang tersebar di internet bisa sangat beragam. Mulai dari berita terkini hingga ilmu sejarah. Serunya lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membacanya. Satu-satunya yang dibutuhkan adalah niat dan hal ini sulit dibangun. Terlebih bagi kamu yang menganggap sejarah membosankan.

Padahal, sejarah dapat meningkatkan pengetahuan dan rasa nasionalisme-mu, lho. Banyak momen-momen yang akan membuatmu terpukau dan semakin ingin menggelutinya. Untuk itu, cobalah dengan menguliknya mulai dari rutin membaca artikel terkait. Apalagi bisa dilakukan di rumah, bahkan dengan rebahan.

3. Tingkatkan minat baca buku

Sudah diketahui bahwa saat ini minat membaca seseorang terhadap buku kian merendah. Tidak heran jika banyak penulis yang menerbitkan karyanya dalam bentuk e-book. Pasalnya, format ini bisa dibaca melalui ponsel, benda wajib yang sudah dimiliki hampir oleh semua orang.

Padahal, buku lebih menyehatkan karena tidak mengandung cahaya yang dapat merusak mata. Materi mengenai sejarah juga banyak dituangkan dalam bentuk ini. Kamu bisa menemukannya dengan mudah pada tiap perpustakaan daerah atau nasional.

Jadi, selain memperluas pengetahuan tentang sejarah, kamu juga bisa mengistirahatkan mata sejenak dari aktivitas ponsel. Oleh karenanya, cobalah kembali meningkatkan minat untuk membaca buku secara rutin.

4. Kunjungi tempat bersejarah

Tiap daerah di Indonesia pasti punya tempat peninggalan bersejarah. Entah bekas peperangan, pertemuan, dan lain-lain. Nah, kamu bisa mengunjunginya sebagai alternatif lain untuk memperluas pengetahuan di bidang ini. 

Biasanya, disana akan ada papan penjelasan atau pemandu yang siap memberikan informasi dari tiap-tiap peninggalan disana. Namun, banyak tempat seperti ini yang sudah tak lagi diurus. Mungkin, karena minat masyarakat yang terus mengalami penurunan. 

Padahal tempat bersejarah perlu dilestarikan sampai kapanpun. Ditambah banyak yang mematok harga tiket masuk murah. Jadi, tidak salah untuk memasukannya ke daftar kunjungan saat kamu memiliki waktu luang. Dengan begitu, informasi tentang momen-momen penting di masa lalu bisa semakin luas.

Apakah keempat cara diatas dapat membantumu dalam memperluas pengetahuan tentang sejarah? Nomor berapa yang paling seru dilakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak