facebook

Kenali 3 Teknik Dasar dalam Dunia Voice Over

Ruslan Abdul Munir
Kenali 3 Teknik Dasar dalam Dunia Voice Over
Ilustrasi voice over talent (Pexels/George Milton)

Voice over (VO) merupakan suara latar belakang yang memiliki fungsi untuk menyampaikan informasi sekaligus menjelaskan isi dari sebuah konten audio visual yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti iklan, film, hingga animasi. Adapun orang yang mengisi suara tersebut sering disebut sebagai voice over talent.

Untuk menjadi seorang voice over talent tentu bukanlah suatu hal yang mudah, sebelum melakukan pekerjaannya terlebih dahulu harus memperhatikan dan memahami betul teknik dasar dalam melakukan voice over. Berikut merupakan beberapa teknik dasar serta skil yang harus dimiliki dalam voice over.

1. Artikulasi

Artikulasi dapat diartikan sebagai jelas atau tidaknya pengucapan kata yang diucapkan oleh seorang voice over talent. Kejelasan pengucapan akan berpengaruh juga kepada pesan yang disampaikan. Semakin jelas artikulasi maka pesan yang ingin disampaikan kepada pendengar pun akan tersampaikan dengan baik. Begitupun sebaliknya semakin kurang jelas kata yang diucapkan, maka pesan yang disampaikan akan berkurang kejelasannya. Untuk melatih artikulasi ada beberapa latihan yang dapat dilakukan secara mandiri diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Latihan melafalkan huruf vokal a, i, u, e, o. Latihan melafalkan huruf bisa dilakukan secara mandiri dengan dilakukan secara berulang dari tempo yang lambat sampai dengan tempo yang cepat. Latihan dapat dilakukan secara berulang setiap hari agar artikulasi saat menyebutkan kata-kata tertentu semakin lancar. Latihan ini juga berlalu untuk huruf-huruf konsonan lainnya.
  2. Latihan membaca naskah. Latihan membaca naskah dapat menjadi solusi untuk melatih artikulasi agar saat penyebutan kata dapat terdengan jelas. Latihan ini dapat dilakukan dengan membaca naskah secara lantang dengan tujuan untuk mengetahui kata-kata mana saja yang masih sulit untuk diucapkan.
  3. Latihan mengucapkan kata-kata sulit. Latihan ini dapat dicoba secara mandiri untuk melatih kemampuan agar dapat lebih jelas dalam mengucapkan kata-kata. Contoh kata-kata sulit seperti : satu biru, dua biru, tiga biru.

2. Intonasi

Intonasi dapat diartikan sebagai naik turunnya nada ketika seorang voice over talent menyampaikan pesan. Intonasi sangat penting karena bertujuan agar pendengar suara tidak merasa bosan ketika mendengar suara dari seorang voice over talent. Apabila nada suara yang diucapkan monoton, maka pendengar akan merasa kurang antusias saat mendengarkannya.

Adapun untuk melatih intonasi yang baik dapat dilakukan dengan cara memvariasikan tinggi rendah atau keras lemahnya suara yang akan diucapkan. Buatlah seolah-olah pendengar terbawa suasana dengan apa yang diucapkan dan hindari mengucapkan kalimat dengan nada yang monoton.

3. Emosi 

Emosi dalam arti bagaimana cara seorang voice over talent mengolah rasa dalam membangun suasana, situasi, dan karakter yang sedang dibawakan. Emosi terkadang sangat perlu kita kontrol dengan baik agar suasana yang disampaikan sesuai dengan suasana yang terdapat dalam naskah yang sedang dibacakan.

Melatih emosi ini sangat penting agar pendengan seolah-olah dapat merasakan maksud dari pesan yang kita sampaikan.  Adapun untuk melatih emosi dalam voice over dapat dilakukan dengan cara banyak berlatih membaca naskah dalam beberapa tema seperti gembira, sedih, dan sebagainya

Itulah tiga teknik dasar dalam dunia voice over yang perlu diperhatikan. Setelah mengetahuinya selanjutnya adalah memulai latihan secara rutin apabila kamu ingin menjadi seorang voice over talent andal!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak