alexametrics

Terlihat Sepele, Ini 5 Kebiasaan Baik yang Melancarkan Sistem Pencernaan

Hayuning Ratri
Terlihat Sepele, Ini 5 Kebiasaan Baik yang Melancarkan Sistem Pencernaan
Ilustrasi makan. (Unsplash.com/Pablo Merchán Montes)

Siapa yang sering mempunyai masalah seperti perut kembung atau susah buang air besar? Persoalan ini ternyata termasuk indikasi sistem pencernaan yang tidak lancar. Hal tersebut dapat disebabkan kebiasaan dan makanan yang kurang baik bagi tubuh.

Berikut ini terdapat beberapa kebiasaan baik yang dapat dilakukan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan, dilansir Hellosehat.

1. Mengonsumsi makanan berserat

Serat dalam tubuh dapat berperan untuk melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan usus. Mengonsumsi kebutuhan serat sebanyak 25 gram per hari dapat membantu menghindarkan kamu dari beragam masalah pencernaan, contohnya sembelit, diverticulitis, bahkan sindrom iritasi usus. Kamu dapat menemukan serat beberapa jenis makanan, diantaranya sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

2. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik

Probiotik dikenal luas sebagai bakteri baik layaknya bakteri di dalam usus. Bakteri tersebut bermanfaat untuk menghalau bakteri jahat hingga mempercepat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Probiotik dapat dengan mudah dijumpai pada makanan fermentasi, misalnya tempe, yoghurt, dan oncom. Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik dapat memperlancar kerja sistem pencernaan.

3. Minum air putih yang cukup

Setelah mengonsumsi makanan yang berserat, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Pasalnya, makan banyak serat tanpa diimbangi dengan air putih dapat menyebabkan feses menjadi padat dan sulit untuk dikeluarkan. Lebih lanjut, air putih berguna untuk membantu proses pemecahan lemak dan serat larut dalam air. Hal inilah yang membuat sistem pencernaan dapat lebih lancar.

4. Makan secara perlahan

Proses pencernaan telah berlangsung sejak makanan berada di dalam mulut. Oleh sebab itu, makan secara perlahan penting untuk dilakukan. Kebiasaan tersebut dapat membuatmu mengunyah makanan lebih lama. Dengan demikian, kerja organ-organ pencernaan berikutnya seperti lambung dan usus dapat lebih ringan. Selain itu, kebiasaan ini juga berdampak baik bagi penyerapan nutrisi yang lebih optimal.

5. Tidak tidur sesaat setelah makan

Usahakan untuk tetap terjaga dengan posisi tegak setelah makan karena ini dapat membantu proses pencernaan bekerja lebih baik. Kebiasaan langsung tidur sesaat setelah makan bisa berdampak menghambat laju pencernaan. Lebih dari itu, makanan dapat kembali menuju kerongkongan dibarengi dengan asam lambung.

Nah, itulah sejumlah kebiasaan baik yang bisa kamu terapkan agar sistem pencernaan dalam tubuhmu lebih lancar dan sehat. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak